5 Efek Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan

5 Efek Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan
Garam merupakan salah satu komponen yang sering dijumpai di berbagai makanan. Selain berfungsi menyeimbangkan rasa pada makanan, garam juga merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tentunya asupan garam yang boleh dimasukkan ke tubuh harus sesuai takarannya.

Menurut data yang dikeluarkan World Health Organization (WHO), jumlah sodium atau kandungan dalam garam yang aman kita konsumsi adalah 2 gram per hari atau sekitar 1 sendok teh. Sedangkan untuk anak-anak tentu saja harus dengan takaran yang lebih sedikit. Ketika tubuh kelebihan garam, maka akan mengakibatkan sejumlah masalah pada tubuh. Berikut informasi selengkapnya:

Gangguan Fungsi Ginjal

Garam sejatinya berperan untuk membantu ginjal menjalankan proses menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Namun, jika berlebihan, garam justru akan mengganggu proses tersebut dan membuat ginjal bekerja dengan ekstra. Hal ini dikarenakan volume darah akan meningkat akibat ginjal menahan air untuk dibuang ke urine.

Maka dari itu konsumsi garap per hari harus sesuai dengan takaran. Terlebih untuk anak-anak, yang memiliki sistem ginjal yang belum bekerja dengan maksimal.

Hipertensi


Hipertensi merupakan masalah yang umum terjadi jika tubuh terlalu banyak konsumsi garam. Konsumsi garam terlalu banyak menyebabkan tingginya kadar natrium dalam darah yang menyebabkan volumenya meningkat. Tekanan darah yang tinggi beresiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti stroke, hingga gagal jantung.

Penyakit Jantung

Saat tubuh kelebihan garam, tekanan darah akan naik dan memicu munculnya serangan jantung. Untuk itu, penting bagi kita mengontrol kadar sodium yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berakibat fatal.


Retensi Cairan

Mengonsumsi garam berlebih bisa menyebabkan terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan garam memiliki sifat menyerap cairan. Akibatnya, ginjal akan bekerja sangat keras dan kesulitan memilah kadar garam.

Menurunnya Fungsi Otak


Kelebihan kadar garam dalam tubuh juga dapat menyebabkan penyakit demensia dan mengakibatkan turunnya berbagai fungsi otak. Penyakit ini timbul akibat tersumbatnya pembuluh darah di otak. Hal ini memengaruhi fungsi otak seperti bahasa, daya ingat, dan perilaku.

Tanda Tubuh Kelebihan Garam

Ketika tubuh kelebihan kadar garam, sejumlah tanda akan muncul pada seseorang. Dilansir dari Reader Digest, berikut sejumlah tanda yang ditunjukkan oleh tubuh ketika kelebihan kandungan garam.

1. Selalu Merasa Haus

Makanan dengan kandungan sodium yang tinggi bisa membuat kamu lebih haus karena sodium bisa mengacaukan keseimbangan cairan dalam tubuh. Ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi sodium, disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air untuk menyeimbangkan asupan garam dalam sel tubuh.

2. Muncul Bengkak

Tanda tubuh terlalu banyak sodium juga bisa dilihat jika ada bagian tubuh yang tiba-tiba membengkak. Hal ini disebut sebagai edema, kondisi bengkak karena kelebihan cairan pada jaringan tubuh.

Menurut Mayo Clinic, edema bisa jadi tanda adanya penyakit dalam tubuhmu atau karena kandungan sodium berlebih pada tubuh. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukannya dengan mengurangi asupan garam pada makananmu.

3. Muncul Batu Ginjal

Selanjutnya, ciri tubuh yang kelebihan sodium adalah munculnya batu ginjal. Terlalu banyak garam diketahui bisa meningkatkan jumlah protein yang keluar melalui kencing. Lebih banyak protein pada air kencing merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit ginjal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.