5 Langkah Mudah Membuat Kentang Panggang Renyah Di Luar Lembut Di Dalam

Bosan dengan makanan yang serba digoreng? Mumpung di rumah, tak ada salahnya membuat variasi sajian makanan dengan teknik memanggang. Salah satunya adalah kentang panggang. Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat terbaik. Selain karbohidrat, kentang yang dikenal kaya nutrisi juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Tak hanya jadi campuran sup, kentang bisa juga diolah dengan cara digoreng, direbus, dikukus, dan dipanggang. Tak sulit membuat kentang panggang. Membuatnya jadi renyah di luar dan lembut di dalam adalah salah satu tantangan saat membuat kentang panggang. Namun, Anda tak perlu bingung. Ada sederet trik agar kentang panggang tidak loyo atau terlalu keras.

1. Suhu yang tepat

Untuk memperoleh kentang dengan tekstur renyah di bagian luar, sebaiknya atur suhu oven hingga 220 derajat Celcius (420 derajat Fahrenheit). Panaskan oven terlebih dahulu sekitar 10 menit sebelum kentang dimasukkan. Cara itu membuat proses memasak lebih singkat dan kentang akan matang secara merata.

2. Rebus kentang dan keringkan

Langkah ini memang membutuhkan usaha ekstra. Tapi, ini perlu dilakukan demi mendapatkan tekstur kentang yang lembut. Kupas kentang dan potong jadi empat atau delapan bagian. Siapkan air pada panci dan tambahkan sedikit garam. Masukkan kentang dan panaskan dengan api sedang selama 6-8 menit. Setelah itu, tiriskan dan keringkan hingga sisa air berkurang.

3. Paduan tepung dan lada hitam

Mengutip The Dinner Bite, Anda bisa mengkombinasikan kentang dengan tepung untuk memperkaya tekstur. Siapkan kentang pada wadah, taburi dan campur dengan tepung dan lada bubuk.

4. Tusuk kentang dengan garpu

Selain menggunakan tepung, ada cara lain untuk memperkaya tekstur pada kentang. Mengutip The Happy Foodie, tusuk kentang yang telah kering dengan garpu. Cara ini akan membuat permukaan kentang jadi sedikit kasar sehingga minyak bisa menyerap dengan cepat. Selain itu, cara ini juga membuat kentang jadi lebih renyah.

5. Minyak panas

Setelah oven panas, Anda tidak bisa serta merta memasukkan wadah berisi minyak dan kentang. Pertama-tama, masukkan wadah pemanggangan yang telah diisi minyak ke oven. Anda bisa menambahkan bawang putih yang sudah dihancurkan untuk menambah rasa dan aroma.

Setelahnya, keluarkan wadah dan masukkan kentang. Balur kentang dengan minyak yang baru dan kembali masukkan ke dalam oven. Panggang sekitar 20 menit. Setelah, balikkan kentang dan panggang lagi selama 15 menit.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.